Thursday 27 December 2012

Modul Mikrokontroler AT89S51


Kemajuan Teknologi di bidang elektronik begitu pesat sejak ditemukannya transistor dengan cepat perangkat semi konduktor menggantikan posisi tabung hampa karena ukurannya yang lebih kesil,tegangan kerjanya yang lebih rendah,konsumsi daya nya yang lebih kecil dan tentu saja harganya yang jauh lebih murah.Transistor kemudian membawa kepada penemuan intergrated circuit (IC), sebuah perangakat semi konduktor yang berisi dari beberapa buah transistor sampai jutaan transistor yang membentuk suatu rangkaian dengan fungsi tertentu, dari penguat operasional ( Op – Amp) sampai pengelola sinyal digital ( digital signal prosesor). Dari transistor inilah lahir mikrokontroler. 
Sebuah komputer mikro memiliki tiga komponen utama: unit pengolahan pusat (CPU= central processing Unit) memori dengan sistem input / output (I/O) untuk dihubungkan dengan perangkat luar. CPU, yang mengatur sistem kerja komputer mikro, dibangun oleh sebuah mikroprosesor. Memori terdiri atas EEPROM untuk menyimpan program dan RAM Untuk menyimpan data. Sistem I/O bisa dihubungkan dengan perangkat luar misalnya keyboard dan sebuah monitor, bergantung pada aplikasinya. Apabila CPU, memori dan sistem I/O dibuat dalam sebuah Chip semikonduktor, maka inilah yang dinamakan mikrokontroler.
Fungsi mikrokontroler adalah pengendali suatu rangkaian elektronik yang dapat diprogam dan bekerja sesuai dengan aplikasi tertentu, sebagai contoh sebuah tapemobi dengan peraga LCD pastilah ada mikrokontroler didalamnya. Digunakan juga untuk mengendalikan pemutaran kaset, mengendalikan tuner FM, memberikan Informasi ke pemakai melalui LCD, mengatur Volume suara ke spiker dan mengendalikan Equalizer digital.



DOWNLOAD MODUL MIKROKONTROLER

No comments:

Post a Comment